Personal Development, Seberapa Penting bagi Karir Kamu?

Personal development alias pengembangan diri merupakan proses seumur hidup yang akan dijalani oleh setiap orang sepanjang hidupnya. Sejak seorang anak mulai dapat memaksimalkan potensi akalnya, maka anak tersebut akan belajar dari sekitarnya termasuk ilmu di sekolah sehingga kualitas diri meningkat. Ketika Anda dewasa dan sudah bekerja, maka proses pengembangan diri tidak boleh berhenti.

1. Mendapatkan Kesempatan Baru

Pengembangan diri artinya meningkatkan kualitas diri dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Dengan melakukan pengembangan diri sesungguhnya Anda tengah berinvestasi terhadap karir Anda di masa mendatang. Melakukan pengembangan diri akan membuka lebih banyak kesempatan yang terbentang di depan mata.

Misalnya jika dulu Anda hanya memiliki satu skill saja, maka kesempatan karir Anda akan sangat terbatas. Namun ketika Anda memiliki lebih banyak skill, maka akan lebih banyak karir yang bisa Anda jalani di masa mendatang.

2. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Self development tidak selalu mengenai peningkatan skill atau keterampilan saja. Pengembangan diri juga meliputi soft skills seperti kemampuan kepemimpinan, memanajemen situasi dan berbicara di depan banyak orang. Dengan mendapatkan pengembangan diri, maka potensi soft skills Anda lebih terasah sehingga kepercayaan diri pun semakin meningkat. 

3. Menurunkan Tingkat Tekanan Stress

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa ternyata pengembangan diri atau self development memiliki manfaat yang sangat besar untuk menurunkan stress para karyawan. Tingkat stress akibat tekanan pekerjaan yang sangat tinggi dapat menyebabkan performa karyawan menurun dan bisa berdampak besar terhadap pemasukan perusahaan.

Mendapatkan pelatihan pengembangan pribadi memiliki dampak baik terhadap kualitas mental para karyawan. Karyawan seolah mendapatkan angin segar dan pencerahan setelah sebelumnya merasa lelah terhadap tekanan pekerjaan.

4. Mengenali Sifat Buruk dan Mengevaluasi Diri

Seringkali kita tidak sadar terhadap sifat buruk yang kita miliki saat bekerja. Sifat buruk ini tanpa sadar menyebabkan performa dalam bekerja menjadi lambat dan pekerjaan menjadi sangat tidak efisien. Pelatihan self development akan membantu Anda mengenali sifat buruk yang tidak sadar Anda miliki dan mengevaluasi performa secara mandiri. 

Dengan kemampuan evaluasi mandiri, maka Anda bisa mengenali kebiasaan buruk apa saja yang harus diubah. Tentu akan lebih baik lagi apabila sifat buruk ini bisa diubah menjadi batu cambukan untuk menjadi lebih baik.

5. Mengikuti Perkembangan Zaman

Orang paling bodoh adalah mereka yang tidak mau belajar sehingga ditinggalkan oleh zaman. Perubahan memang tidak selalu nyaman, namun mengikuti perkembangan zaman sangat penting agar kita tidak tertinggal. Dengan self development, maka Anda akan dilatih mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu terbaru.

Pengembangan diri akan membantu Anda meningkatkan kualitas hidup dan memaksimalkan potensi yang dimiliki. Sayangnya banyak orang yang berhenti menambah skill untuk meningkatkan personal development ketika sudah bekerja di zona nyaman. Alhasil, kualitas diri pun tidak meningkat dan potensi yang dimiliki akan menjadi sia–sia.

Share your love